Minggu, 02 Januari 2011

The Beauty Of Lessons

Pusing.
Susah.
dan akan ada banyak kata-kata 'jelek' yang dikeluarkan siswa pada umumnya saat akan belajar. namun, kita tidak pernah mikirin apa yang akan dihasilkan kalau kita bisa mengikuti pelajaran dengan baik.
Ini kenapa aku nulis postingan ini dengan judul The Beauty Of Lessons.

Yang pertama, sebagai pelajar aku nyadar benget, cara guru ngajar itu SANGAT berpengaruh terhadap daya tangkap dan kegemaran siswa akan pelajaran terkait. kalau gurunya ngajar ngga seru, ngga enak, pasti murid-muridnya akan mengacuhkannya. tapi, kita juga ngga bisa nyalahin guru sih.. guru itu tugasnya ya ngajar. bukan untuk menghibur. tapi, sebenernya tanpa mengurangi rasa hormat saya, sebaiknya guru mengerti 'pesanan' para muridnya. nggak ada salahnya kalu dalam sebuah mata pelajaran diselingi dengan guyonan khas dari pelajaran tersebut.
Itu dari sisi aku sebagai seorang pelajar. tapi, guru? pasti para pahlawan tanpa tanda jasa itu akan menolak kalau dikomentari tentang cara mengajar mereka yang 'jadul'.
nah, gimana tuh?
solusinya cuma dari kita sendiri. ngga mungkin kan kita ngedemo para guru di ruangan mereka? 'Ajarin kami dengan benar'. yang ada kalian di DO dari sekolah kalian.
The Beauty Of Lessons..
kita harus memberi sugesti pada diri kita,"SEMUA PELAJARAN BISA AKU KERJAKAN. SEMUANYA NGGAK SUSAH". jangan bilang pelajaran gampang. karena, pada kenyataanya pelajaran memang susah. dan otak akan menganggapnya nggak bisa dibuat nyata. namun, kalau kita bilang nggak susah, berarti kita akan berusaha mencobanya agar menemukan sensasi tersebut.

contoh menghafal nama planet :
MeVeBuMaYuSaUNe
adalah kepanjangan dari
Merkurius Venus Bumi Mars Yupiter Saturnus Uranus Neptunus
agar lebuh gampang, bisa ditambah dengan nada.

Saran saya, kalu bisa, catatan kalian tentang hal yang penting ditulis dengan tinta berwarna : merah, hijau, biru, kuning karena bisa meningkatkan daya ingat. atau kalian bisa mengarang nada untuk hafalan yang mesti dihafalkan. saran yang paling seru. jangan terlalu banyak tulisan rapi dalam catatan anda. bagi kalian yang otak kanannya lebih banyak berfungsi, hiaslah catatan kalian dengan gambar atau apapun yang kamu suka terutama ditempat yang penting-penting. bacalah apa yang kalian tulis di buku kalian. penelitian membuktikan otang lebih lama merekan data suara/nada daripada tulisan.
Untuk rumus-rumus penting, kalian bisa menempelnya di dekat tempat tidur, atau di kaca riasmu, atau di pintu lemari, atau mungkin di bantalmu. karena kita akan sering melihatnya, otomatis apa yang ditulis disana sudah direkam otak dengan baik. ada pepetah, BISA KARENA TERBIASA. nah, begitu juga dengan tips ini. bisa menghafal rumus karena sudah sering digunakan.

Nah, saran di atas bisa dicoba. Oh iya, saran-saran itu sih belum tentu manjur. semua tergantung sama kamu kok. kalau kamu MAU pasti BISA.

salam

moonlicious

4 komentar:

  1. betull banget....
    nah gimana kalo soalnya hitung2an yg menyangkut rumus yang panjang??
    da solusi gaa??
    kan anak2 yg smp2 gt kadang males bljr klo uda rumusnya panjang dan soalnya mejelimet pula,,heheheee
    .
    maksi...

    BalasHapus
  2. Siiph.. Kalo ada kemauan pasti ada jalan kan? :)
    hhehe... Tapi jangan cepet nyerah juga.:p
    Sebenernya yang susah itu masih ada penyelesaiannya ko..:D

    BalasHapus
  3. Jeng Nita : kalau tentang rumus sih kak, tergantung dari orangnya aja.. contoh rumus kan banyak :) tapi, yang penting-penting aja di hafalin. kayak pelajaran fisika, rumus massa jenis, gaya, daya, pokoknya yang penting aja :) kan bisa di pake di sma juga :) gimana ya ku bilang?? kalo aku si tak pakein nada gitu kak :) kan ngga bisa di contohin. makasi :)

    BalasHapus
  4. mas ary : hha. bener-bener :) tapi, kalau udah ngga ada minat, sama aja. hhe

    BalasHapus